PENTING !! Bagi Kalian Yang Kesusahan Untuk Buang Air Besar, Dibawah Ini Solusinya. Mohon Sebarkan Artikel Ini Kepada Sanak Saudara Kalian


 Sulit buang air besar (BAB), kerap juga disebut sembelit atau konstipasi, adalah permasalahan yang umum. Beberapa orang bahkan juga berasumsi permasalahan ini bukanlah permasalahan besar. Sulit BAB lebih biasanya adalah pertanda bahwa pola makan/diet anda memerlukan semakin banyak serat atau fiber. Tetapi bila sembelit terjadi cukup kerap, menyebabkan rasa sakit atau berdarah, baiknya periksakan ke dokter lantaran mungkin saja itu pertanda masalah pencernaan yang lebih serius.

Orang dewasa rata-rata memerlukan 25 sampai 30 gr perharinya. Jumlah itu sangat kecil, yang berarti sangatlah mudah untuk dipenuhi setiap harinya. Konsumsi serat serta konsumsi air minum yang cukup bakal membuat sistem pencernaan anda lancar serta bekerja dengan baik.

Makanan untuk mengatasi & mencegah sembelit (konstipasi)


Sebagian makanan berikut bakal memberi konsumsi serat tinggi untuk pencernaan anda, dan menolong mengatasi–sekaligus mencegah–masalah sulit BAB dengan cara alami.

Kacang-kacangan serta biji-bijian

Meskipun memiliki bentuk kecil, kacang-kacangan serta biji-bijian adalah sumber serat yang sangatlah baik. Jenis makanan ini sangatlah mudah anda dapatkan. Ditambah lagi, kacang serta biji-bijian kerap jadikan bahan dalam sayur, seperti kacang merah, kacang panjang, lentil, serta lain sebagainya. Diluar itu ada juga kacang almond, kacang mente, kacang tanah/kulit, serta polong yang dapat jadikan cemilan.

Anda mungkin saja sering temukan rekomendasi yang menyampaikan bahwa kacang-kacangan malah bisa menyebabkan susah BAB/sembelit. Itu disebabkan karena anda tidak minum air yang cukup, untuk menolong memperlancar aliran serat di pencernaan. Menkonsumsi banyak serat tanpa ada minum air yang cukup malah bisa mengakibatkan sulit BAB.

Ubi jalar

Satu hal yang paling unggul dari ubi jalar yaitu kandungan seratnya yang sangatlah tinggi, yang pasti bisa membuat pencernaan anda jadi lancar. Selain memiliki kandungan serat tinggi, ubi juga mengandung beta-karotin serta vitamin A yang tinggi.

Di rebus maupun dibakar, serta dikonsumsi berbarengan kulitnya, anda terus dapat memperoleh faedahnya dari type umbi-umbian yang satu ini.

Buah apel serta pir

Mengonsumsi buah-buahan segar dapat membantu anda menangani sekaligus mencegah sembelit. Itu lantaran kebanyakan buah-buahan memiliki kandungan serat. Salah satunya yang baik untuk anda tentukan yaitu buah apel serta pir. Apel serta pir berukuran kecil sampai sedang bisa menyediakan sekurang-kurangnya 3-4 gr serat untuk pencernaan anda.

Selain memperlancar sistem pencernaan, buah ini dapat cukup ampuh untuk menyembuhkan diare (diarrhea). Menolong memperlancar pembuangan kotoran dari sistem penceraan bila anda sembelit, serta membuat kotoran jadi lebih padat ketika anda mengalami permasalahan diare.

Brokoli

Seperti ubi jalar, brokoli juga adalah sumber serat tinggi. Menyajikannya dalam menu makan anda, baik juga sebagai sayuran ataupun lalapan mentah, bakal menolong mengatasi permasalahan susah BAB anda.

Di samping seratnya yang tinggi, brokoli adalah makanan memiliki nutrisi tinggi. Karena itu, jenis tanaman crucifera satu ini sangatlah baik bila dikonsumsi secara teratur, untuk memperoleh macam manfaat kesehatan seperti vitamin C tinggi, tingkatkan sistem imun, sampai mencegah kanker.

Aneka buah beri

Jenis buah-buahan beri biasanya yaitu sumber serat yang baik, termasuk juga stroberi, bluberi, blackberry, serta raspberry. Semuanya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dan rendah kalori.

Buah-buahan kering


Buah-buahan yang dikeringkan, menolong memperlancar sistem pencernaan. szjeno09190/Pixabay
Selain dalam memiliki bentuk yang segar, buah-buahan yang dikeringkan juga termasuk juga sumber serat yang bagus. Kismis, kurma, buah ara, prun/prem, sampai pisang (yang dikeringkan sampai menyerupai keripik), yaitu camilan nikmat yang sekaligus berperan untuk mengatasi sembelit.

Oat serta gandum

Kedua jenis serelia ini yaitu sumber karbohidrat kompleks yang sangatlah bagus, serta cukup populer untuk dijadikan menu sarapan pagi berbentuk cereal, bubur, maupun berbentuk roti (gandum). Memiliki nutrisi tinggi, berikan energi, dan memiliki kandungan serat tinggi, yang bakal membantu memperlancar sistem pencernaan anda.

Oat serta gandum juga sangatlah baik untuk menolong menurunkan berat badan, turunkan kolesterol, mengontrol gula darah, sampai menyediakan antioksidan untuk tubuh.

Tips mencegah sembelit/sulit buang air besar


Mencegah permasalahan susah BAB bukanlah hal yang sulit, lantaran sangatlah terkait dengan pola makan sehari-hari. Dengan sedikit merubah pola makan sehari-hari anda bisa terlepas dari sembelit. Konsumsi diet sehat serta seimbang, yang berarti menyertakan buah serta sayuran, dan minum air yang cukup, telah cukup untuk memastikan sistem pencernaan anda bekerja sebagaimana mestinya.

Sesekali minum jus buah murni serta rajin sebagian makanan diatas juga disarankan untuk menolong anda mencegah permasalahan sembelit atau susah buang air besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »