HATI HATI !! Jangan Sampai Kalian Asal Asalan Menkonsumsi Makanan, Jika Tidak Akan Mengakibatkan Gangguan Pencernaan. Berikut Ini Beberapa Kebiasaan yang Tidak Baik untuk Pencernaan


Sakit perut, mules, sembelit, serta perut kembung adalah ciri-ciri masalah sistem pencernaan. Serta kadang-kadang, pencernaan yang terganggu bisa dikarenakan oleh kebiasaan buruk yang anda kerjakan sehari-hari.

Apa yang anda makan, langkah anda mengkonsumsinya, sampai kebiasaan yang lain, dapat mengakibatkan fungsi pencernaan terganggu, serta mendatangkan banyak gejala yang tidak menyenangkan seperti yang tadi dijelaskan di awal.

Serta yang lebih penting lagi, sistem pencernaan yang buruk sangatlah berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena itu, saat sebelum terlambat, mari ganti beragam kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan buruk untuk sistem pencernaan kita di bawah ini, seperti kami kutip dari laman website Boldsky :

Makan tengah malam

Rutinitas ini dapat menyebabkan perut mules serta asam lambung yang naik, terlebih bila anda segera berbaring untuk tidur setelah makan. Sebisa mungkin, berikanlah jeda 2 jam setelah makan sebelum anda tidur.

Kurangnya konsumsi serat dari makanan

Dengan serat, sistem pencernaan jadi lebih lancar. Kurangnya konsumsi serat sehari-hari bisa mengakibatkan konstipasi dengan kata lain susah buang air besar. Mengkonsumsi buah serta sayuran segar dengan mudah bisa mengatasi permasalahan ini.

Menelan air saat makan

Bila tengah terburu-buru, mungkin saja anda menelan air bersama makanan supaya lebih cepat menyelesaikan hidangan di depan anda. Tetapi, kebiasaan ini menyebabkan buruk untuk perut serta sistem pencernaan anda.

Menyuap makanan dalam jumlah besar

Menyuap makanan ke dalam mulut dalam jumlah yang besar tidaklah baik untuk pencernaan anda. Cobalah makan dalam jumlah suapan yang sama setiap kalinya, untuk menolong sistem pencernaan anda bekerja dengan nyaman.

Minum soda

Minuman bersoda bisa mengakibatkan masalah untuk pencernaan, seperti perut kembung serta naiknya asam lambung ke tenggorokan, yang pasti sangatlah tidak nyaman untuk anda.

Softdrink

Minuman yang paling cocok setelah makan yaitu air putih/mineral. Batasi minum softdrink atau bahkan juga teh setelah makan, lantaran bisa mengakibatkan perut kembung serta bergas.

Permen karet

Waktu mengunyah permen karet, kemungkinan besar anda turut menelan udara. Hal itu dapat menyebabkan anda bersendawa serta kembung.

Konsumsi alkohol

Alkohol, disamping banyak efek negatif yang lain, sangatlah buruk untuk pencernaan anda. Minuman mengandung alkohol bisa menyebabkan diare (diarrhea), serta yang lebih buruk lagi bisa menyebabkan radang lambung serta sakit maag.

Menunda buang air besar (BAB)

Menahan-nahan panggilan alam yang satu ini sangatlah buruk untuk pencernaan anda. Janganlah menunda panggilan untuk BAB, lantaran justru dapat mengakibatkan anda sembelit.

Merokok

Satu lagi alasan untuk anda untuk berhenti merokok. Merokok mendatangkan banyak efek buruk untuk tubuh dalam banyak langkah, termasuk juga untuk sistem pencernaan anda, termasuk juga asam lambung serta masalah pada lambung.

Sebisa mungkin hindari 10 kebiasaan diatas, jadi anda meminimalkan masalah pada pencernaan yang dapat mengganggu pekerjaan serta aktivitas anda sehari-hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »