Kabar Gembira Menghampiri Kalian Yang Mengidap Penyakit Kolesterol, Coba Untuk Komsumsi Bebrapa Makan Dibawah Ini Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Anda. Yuk Sebarkan Artikel Bermanfaat Ini Kepada Sanak Saudara Kalian Yang Diluar Sana


 Kolesterol sering jadi tokoh jahat dalam kesehatan manusia, tetapi ternyata kolesterol dalam jumlah normal malah sangatlah diperlukan oleh tubuh. Kegunaan kolesterol didalam tubuh diantaranya yaitu juga sebagai satu diantara pembentuk organ-organ didalam tubuh, komponen penting dalam seluruhnya jaringan didalam tubuh, komponen paling utama sel otak serta saraf, serta berperan dalam pembentukan beberapa sel yang fungsinya krusial untuk tubuh. Kolesterol jahat dalam tubuh, sudah pasti yaitu kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan. Tingginya kolesterol dalam darah bakal mennyebabkan beragam penyakit. Bagaimanakah gejala kandungan kolesterol tinggi pada seseorang serta bagaimanakah menurunkannya?

Gejala kolesterol tinggi serta resikonya

Sayangnya seseorang dengan kandungan kolesterol tinggi banyak tidak tahu bahwa ia mempunyai kandungan kolesterol diatas normal hingga terkena satu penyakit serta dikerjakan tes darah. Gejala kolesterol tinggi tidak khusus serta dapat disalahartikan dengan gejala biasa. Kebanyakan orang yang mempunyai kandungan kolesterol jahat diatas normal mengalami keluhan seperti berikut :

Pusing
Kesemutan
Rasa sakit pada persendian
Migraine atau sakit kepala sebelah yang sering kambuh
Nyeri pada kaki, kaki merasa berat bila dipakai untuk berjalan
Kuku beralih warna serta memerlukan waktu lama untuk tumbuh lantaran aliran darah terhambat
Kulit telapak kaki terasa dingin walau sebenarnya tidak sedang sakit

Kandungan kolesterol yang ideal untuk seseorang berkisar pada 160-200 mg/dl, dimana bila telah melalui angka 240 mg/dl jadi kemungkinan diserang stroke sangatlah tinggi. Kolesterol tinggi bukanlah saja dapat dihadapi oleh orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalaminya yang di pengaruhi oleh faktor keturunan atau konsumsi makanan dengan gizi tidak seimbang. Kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan obat-obatan dengan resep dokter atau mungkin dengan langkah alami yakni konsumsi makanan penurun kolesterol.

Tingginya kolesterol dalam darah bakal menghalangi transportasi darah yang membawa oksigen serta beberapa zat nutrisi penting untuk tubuh. Orang yang mempunyai kandungan kolesterol tinggi memiliki resiko mengalami serangan stroke lantaran otak tidak memperoleh suplai oksigen yang cukup. Penyakit jantung juga mengintai pengidap kolesterol tinggi lantaran jantung tidak memperoleh suplai darah serta oksigen yang menghambat kerja jantung.

Selain stroke serta penyakit jantung, ada lagi satu penyakit kronis yang penyebabnya adalah kadar kolesterol tidak dapat dikendalikan. Nama penyakit ini yaitu Familial Hypercholesterolemia (FH) yang disebut penyakit keturunan serta menjangkit 1 diantara 500 orang didunia. Pasien penyakit ini yang kedua orang tuanya mengidap penyakit yang sama mempunyai harapan hidup yang pendek bahkan juga divonis tidak lebih dari 20 tahun. Dari sebagian penyakit yang sudah dijelaskan jelaslah bahwa kolesterol yang tinggi berbahaya untuk tubuh bila tidak selekasnya di turunkan. Turunkan kolesterol dalam darah yang efektif yaitu dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Jenis makanan yang bisa turunkan kolesterol

Dengan konsumsi makanan penurun kolesterol Anda dapat terhindar dari komplikasi disebabkan kolesterol yang tinggi. Makanan ini dapat adalah makanan yang bergizi tinggi hingga bukanlah saja untuk mengatasi kolesterol tetapi menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Makanan yang dapat turunkan kolesterol diantaranya yaitu :

Kacang kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan isoflavon yang fungsinya yaitu menekan kadar LDL dalam darah. LDL adalah kolesterol jahat, disamping itu dapat tingkatkan kadar HDL yang disebut kolesterol baik dalam tubuh. Selain isoflavon, kedelai juga memiliki kandungan protein kedelai yang sama fungsinya yakni menurunkan kolesterol jahat serta menambah kolesterol baik. Makanan kacang kedelai ada pada olahan seperti susu kedelai, tahu, tempe, serta lain sebagainya.

Ikan salmon

Ikan satu ini memang sangat baik untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan teratur. Satu diantara kandungan paling utama pada ikan salmon yakni omega 3 yang sangatlah baik untuk turunkan kolesterol jahat serta menambah kolesterol baik. Kemungkinan penyakit jantung yang mengintai pengidap kolesterol tinggi dapat juga di turunkan dengan konsumsi ikan salmon lantaran ikan ini sangatlah baik untuk kesehatan jantung.

Buah alpukat

Buah yang mempunyai rasa unik ini adalah makanan penurun kolesterol yang memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh hingga baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Anda dapat konsumsi alpukat berbentuk macam-macam makanan serta minuman seperti jus alpukat, es buah, atau ingin dikonsumsi langsung. Supaya kandungannya dapat bekerja dengan maksimal baiknya jauhi menggunakan gula pasir atau cokelat dalam memproses alpukat jadi minuman segar.

Bayam

Bayam yang disebut sayuran hijau baik untuk turunkan kolesterol dalam darah. Diluar itu bayam dapat juga mencegah kolesterol jahat melekat pada dinding pembuluh darah hingga sirkulias darah terus sehat serta jantung tidak alami permasalahan. Mengkonsumsi setengah mangkok bayam dengan cara teratur untuk turunkan kolesterol.

Oatmeal

Bahan makanan yang di buat dari gandum utuh ini kaya serat larut pada badan hingga dapat menarik kolesterol jahat yang menutupi pembuluh darah untuk dikeluarkan dari tubuh. Oatmeal bakal menyerap kolesterol serta baik untuk kesehatan jantung apabila dikonsumsi setiap hari terlebih untuk menu sarapan. Oatmeal dikonsumsi berbentuk bubur serta mempunyai kandungan nutrisi serta karbohidrat yang cukup untuk Anda beraktivitas.

Apel

Ungkapan one apple a day keep the doctor away tidak cuma isapan jempol. Apel juga sebagai makanan penurun kolesterol memiliki kandungan pectin yang disebut serat larut dalam tubuh untuk turunkan kolesterol dalam darah. Apel juga memiliki kandungan polifenol yang disebut zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi apel baiknya berbarengan dengan kulitnya lantaran kandungan apel malah banyak terdapat pada kulit.

Almond

Almond termasuk juga dalam keluarga kacang-kacangan yang mempunyai kandungan baik untuk menghancurkan kolesterol jahat. Almond memiliki kandungan phytosterol serta asam lemak tidak jenuh yang selain dapat turunkan kadar kolesterol juga baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi kacang almond juga sebagai makanan penurun kolesterol baiknya tidak ditambahkan dengan garam atau gula, serta dikonsumsi dalam jumlah kecil setiap harinya lantaran memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Demikian uraian tentang gejala serta bahaya dari kolesterol tinggi. Supaya kandungan kolesterol terus ada di batas normal, pola hidup yang sehat sangatlah mempengaruhi. Bila setiap harinya Anda terlalu sering konsumsi makanan yang berminyak, makanan cepat saji, atau makanan olahan seperti sosis, kornet, nugget, serta lain sebagainya jadi janganlah heran apabila waktu dikerjakan tes darah ternyata kadar kolesterol telah diatas normal. Perbanyaklah makanan penurun kolesterol maupun makanan yang memiliki kandungan kolesterol rendah serta penuhi kebutuhan air putih setiap harinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »