PENTING UNTUK DIBACA !! Jangan Biarkan 10 Kebiasaan Buruk Dibawah Ini Merusak Ginjal Anda. Mohon Sebarluaskan Artikel Ini Kepada Yang Lain Agar Dapat Terbaca Oleh Mereka


 Ginjal yaitu sepasang organ tubuh manusia berupa seperti kacang, yang terdapat di rongga perut bagian atas tepat dibawah tulang rusuk, masing-masing satu di setiap sisi tulang belakang. Ginjal bertugas mendetoksifikasi (mengeluarkan racun) darah serta membantu tubuh dalam menyaring produk limbah lewat urin.

Fungsi paling utama lain dari ginjal yaitu membuang kelebihan cairan dari tubuh. Mereka juga menolong mempertahankan kondisi cairan saat tubuh memerlukan lebih banyak.

Diluar itu, ginjal menolong mengatur kadar mineral seperti kalsium serta fosfat dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon-hormon penting yang menolong mengatur fungsi badan seperti tekanan darah serta membuat sel-sel darah merah membawa oksigen serta nutrisi penting ke seluruh tubuh.

Untuk tetap sehat, yaitu penting untuk menjaga ginjal berperan dengan baik. Gejala-gejala umum yang bisa menunjukkan permasalahan ginjal yaitu perubahan warna serta jumlah urin anda, pusing, muntah, anemia, masalah pernafasan, kerap merasa kedinginan, kelelahan, kulit gatal, bau mulut serta sakit yang tiba-tiba dalam tubuh.

Bila anda mengalami beberapa gejala itu, konsultasikan dengan dokter anda untuk mendiagnosa kemungkinan penyakit ginjal.

Ada banyak alasan dibalik permasalahan ginjal, salah satunya yaitu kebiasaan-kebiasan buruk yang kerap orang lakukan yang bisa menyebabkan kerusakan untuk ginjal mereka.

Berikut adalah 10 kebiasaan umum yang bisa mengakibatkan kerusakan ginjal :

1. Tidak mengosongkan kandung kemih anda tepat waktu


Membiarkan kandung kemih penuh untuk waktu yang lama atau menunda keinginan untuk buang air kecil yaitu satu diantara alasan paling utama dibalik kerusakan ginjal.

Saat urin terus dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, hal semacam ini bisa mengakibatkan bakteri di urin berkembang biak. Pada gilirannya, bakteri ini berbahaya lantaran bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal. Diluar itu, membiarkan urin untuk waktu yang lama bakal tingkatkan tekanan pada ginjal serta kemungkinan terburuk bisa mengakibatkan gagal ginjal serta inkontinensia.

Bila anda punya kebiasaan menunda untuk menanggapi panggilan alam ini, waktunya untuk melakukan perbaikan untuk kepentingan ginjal anda. Tidak perduli seberapa sibuknya anda, dengarkan sinyal panggilan alam ini serta turuti mereka.

2. Kurangnya Pemasukan Air


Tidak minum jumlah air yang cukup dapat juga mengakibatkan kerusakan yang besar untuk ginjal anda. Fungsi paling utama dari ginjal yaitu untuk mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh serta mengatur produksi eritrosit.

Ketika tubuh kekurangan air, darah bakal jadi kental, menyebabkan aliran darah yang menuju ginjal menyusut. Hal semacam ini bakal menghambat kemampuan ginjal untuk menghilangkan racun dari tubuh, serta efeknya yaitu permasalahan kesehatan pada tubuh anda yang lebih sering.

Menurut National Kidney Foundation, orang dewasa yang sehat mesti minum sekurang-kurangnya 10 hingga 12 gelas satu hari cairan untuk menjaga ginjal terus sehat serta tubuh terhidrasi dengan baik. Tetapi, butuh diingat bahwa minum terlalu banyak air dapat juga menyebabkan ginjal anda bekerja keras. Jadi, janganlah berlebihan.

3. Mengkonsumsi Garam yang Tinggi


Secara teratur makan terlalu banyak garam dapat juga mengakibatkan kerusakan besar untuk ginjal anda dan permasalahan kesehatan yang lain. Ginjal memetabolisme 95 % natrium yang dikonsumsi lewat makanan.

Ketika konsumsi garam tinggi, ginjal mesti bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal semacam ini pada gilirannya bisa mengakibatkan fungsi ginjal alami penurunan serta penimbunan air dalam tubuh. Penimbunan air bisa mengakibatkan kenaikan tekanan darah serta tingkatkan resiko penyakit ginjal.

Studi juga tunjukkan bahwa konsumsi garam tingkatkan jumlah protein urin, satu diantara resiko paling utama berkembangnya penyakit ginjal.

Jumlah garam yang dianjurkan tidak lebih dari 5 gr /hari. Lebih dari jumlah ini berbahaya untuk ginjal dan kesehatan anda secara keseluruhan. 1 sendok teh garam yaitu sekitar 6 gr.

4. Memakai Analgesik Secara Rutin


Banyak dari kita mempunyai rutinitas konsumsi analgesik (obat penghilang rasa sakit) untuk mengontrol rasa sakit dan mengurangi demam serta peradangan. Namun ini dapat mengakibatkan kerusakan organ-organ tubuh yang berbeda, termasuk juga ginjal.

Riset menunjukkan bahwa analgesik bisa kurangi aliran darah ke ginjal serta fungsi ginjal lebih buruk. Diluar itu, pemakaian analgesik dengan cara berlebihan serta jangka panjang bisa mengakibatkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis.

Bila anda alami penurunan fungsi ginjal, janganlah konsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa ada meminta saran dokter Anda. Bahkan juga dengan fungsi ginjal yang normal sekalipun, analgesik mesti dipakai atas petunjuk dokter, pada dosis serendah mungkin serta untuk waktu yang singkat.

5. Diet Tinggi Protein


Protein baik untuk kesehatan anda, namun konsumsi berlebihan daging merah serta makanan berbasis protein yang lain bisa tingkatkan resiko terserang penyakit ginjal.

Satu diantara peran dari ginjal yaitu untuk metabolisme serta mengeluarkan nitrogen dari pencernaan protein. Konsumsi protein yang tinggi bakal meningkatkan beban metabolik ginjal dengan secara kronis tingkatkan tekanan glomerulus serta hiperfiltrasi. Hal semacam ini pada gilirannya tingkatkan resiko penyakit ginjal.

Jadi, batasi konsumsi daging merah untuk kesehatan ginjal anda secara keseluruhan. Diluar itu, mereka yang mempunyai permasalahan ginjal mesti menghindari makan daging merah lantaran bisa memperburuk keadaan. 

 6. Minum Alkohol Secara Berlebihan

Minum alkohol terlalu berlebih bisa mengakibatkan kerusakan yang signifikan pada ginjal. Alkohol yaitu racun yang meletakkan banyak tekanan pada ginjal serta hati.

Ketika anda minum minuman mengandung alkohol dalam jumlah yang tinggi, hal semacam itu mengakibatkan asam urat disimpan dalam tubulus ginjal, yang membawa pada obstruksi tubular. Hal semacam ini pada gilirannya tingkatkan resiko gagal ginjal. Diluar itu, alkohol mengakibatkan dehidrasi serta mengganggu fungsi normal dari ginjal.

7. Merokok


Menurut Centers for Disease Control and Prevention, merokok buruk untuk hampir setiap organ tubuh, termasuk juga ginjal. Sebagian studi sudah menunjukkan hubungan pada merokok serta penyakit ginjal.
Bahkan juga, merokok adalah faktor utama dibalik penyakit ginjal tahap akhir (ESRD, End Stage Renal Disease), menurut American Association of Kidney Patients (AAKP).

Merokok tingkatkan tekanan darah serta denyut jantung dan mengurangi aliran darah serta mempersempit pembuluh darah di ginjal. Ia bahkan juga dapat mempercepat hilangnya fungsi ginjal serta memperburuk penyakit ginjal yang ada.

Merokok tidak baik untuk setiap bagian tubuh anda, jadi saat ini waktunya untuk berhenti. Mintalah bantuan dari teman-teman, anggota keluarga atau profesional untuk menolong anda berhenti merokok.

8. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein


Terlalu banyak konsumsi kafein bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya bakal menaruh beban pada ginjal. Seiring berjalannya waktu, hal semacam ini bisa mengakibatkan kerusakan ginjal.

Bahkan juga, menurut suatu studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Kidney International, mengkonsumsi kafein mempunyai hubungan yang kuat dengan batu ginjal. Kafein bisa meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin.

Kafein dalam jumlah moderat tidak akan mengakibatkan permasalahan kesehatan untuk kebanyakan orang. Anda bisa minum 1 hingga 2 cangkir kopi, 3 cangkir teh /hari. Juga, batasi konsumsi sumber kafein seperti minuman ringan, minuman energi, coklat, kakao serta sebagian jenis obat.

9. Meremehkan Infeksi-infeksi yang Umum


Meremehkan infeksi-infeksi yang umum seperti pilek, flu, batuk, faringitis, tonsilitis dan sebagainya dapat juga mengakibatkan kerusakan besar untuk ginjal anda.

Bahkan juga, orang yang mempunyai penyakit ginjal kerap mempunyai sejarah tidak beristirahat ketika mereka sakit. Diluar itu, orang-orang dengan penyakit ginjal lebih sensitif pada perubahan cuaca serta sering menderita sakit.

Bakteri atau virus yang mengakibatkan infeksi-infeksi umum bisa mengakibatkan kerusakan ginjal bila pengobatan tidak dikerjakan tepat waktu.

Lain waktu bila anda menderita satu diantara infeksi umum di atas, tangani dengan cepat serta tepat. Minum antibiotik dengan benar serta instirahatkan tubuh anda hingga anda merasa lebih baik.

10. Kurang Tidur


Lantaran gaya hidup yang sibuk, banyak orang meremehkan pentingnya tidur. Tidur 6 hingga 8 jam setiap hari yaitu penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

Selama malam hari saat anda tidur, pengembangan jaringan organ terjadi. Oleh karenanya, dikala anda tidak memperoleh tidur yang baik, bakal mengganggu proses pembaharuan, menyebabkan rusaknya ginjal serta organ yang lain.

Studi juga tunjukkan bahwa tidur malam yang kurang bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi serta aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah). Hal semacam ini pada gilirannya bakal tingkatkan resiko penyakit ginjal.

Coba untuk menerapkan kebiasaan tidur yang sehat serta jagalah keseimbangan pada kerja serta istirahat. Ini bakal sangat membantu membuat perlindungan ginjal dari permasalahan kesehatan serta memungkinkan anda untuk hidup sehat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »