(Mohon Sebarluaskan Artikel Ini Kepada Yang Lain) Bagi Kalian Yang Ini Pergi Ke Tanah Suci, Bahaya Virus MERS Mengancam Kalian !! Tetapi Jangan Cemas, Kemenkes Memberikan 7 Langkah Pencegahan Penularan Virus MERS


 Virus mers mewabah di Arab Saudi, virus yang menyerang pernafasan ini telah menyerang ratusan orang di sana. Tetapi beberapa pakar memiliki pendapat virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus ini, tidak lebih berbahaya dibanding dengan penyakit lain seperti flu burung.

Walau demikian, virus MERS memperoleh perhatian khusus dari pemerintah Indonesia. Banyak TKI Indonesia menetap di sana serta tercatat ratusan ribu warga negara Indonesia bepergian ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji ataupun umroh.

Pihak Kemenkes juga mengeluarkan beberapa imbauan, salah satunya disarankan menunda umroh atau haji tahun ini bila kondisi sedang sakit kronis, ketahanan tubuh rendah, umur diatas 65 tahun (lanjut usia), serta hamil serta anak (dibawah 12 tahun). Kemenkes menyatakan masalah penundaan ini hanya imbauan saja. Kemenkes juga tidak melarang kunjungan ke Saudi.

Virus MERS sendiri yaitu termasuk virus Corona serta adalah satu diantara jenis virus yang masih tetap berkerabat dengan virus penyebab SARS. Walau penularannya tidak secepat virus SARS, virus MERS ini dianggap lebih berbahaya.

Belum ada vaksin khusus untuk pencegahan serangan virus MERS ini, jadi sementara langkah penanggulangannya dengan melakukan konsep Global Health Security (GHS).

Kemenkes memberikan 7 langkah pencegahan penularan virus MERS seperti berikut :


1. Selalu kerjakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), termasuk juga salah satunya konsumsi makanan bergizi serta cukup istirahat. Hal semacam ini penting lantaran penyakit ini sering muncul disebabkan ketidakseimbangan sistem di dalam tubuh.

2. ‎Rajin serta sering-sering Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Secara ilmiah rutinitas baik ini telah dapat dibuktikan bisa mencegah penularan penyakit.

3. Pakai masker apabila sedang di dalam keramaian atau didalam kerumunan orang banyak.

4. Apabila mempunyai penyakit kronis check up dahulu saat sebelum pergi ke Arab Saudi, seperti diabetes melitus, penyakit jantung, paru, masalah ginjal atau penyakit kronis lain. Janganlah lupa juga selalu mengkonsumsi obat yang diberikan secara teratur.

5. Selekasnya konsultasi dokter apabila mengalami keluhan batuk, demam serta sesak, dan lebih buruk pada 1-2 hari, waktu ada di Arab Saudi.

6. Konsultasi lagi setelah pulang dari arab saudi, apabila dalam kurun waktu 14 ‎hari hingga di Tanah Air alami keluhan sama seperti batuk, demam serta sesak, dan lebih buruk pada 1-2 hari, janganlah lupa informasikan bahwa Anda baru saja pulang dari Arab Saudi.

7. Selalu amati informasi paling baru tentang virus MERS Lantaran informasi MERS ini beralih dari hari ke hari, jadi tidak ada salahnya Anda selalu mengikuti berita mutakhir perihal perkembangan virus baru tersebut .

Ada cara-cara lain untuk mencegah penyakit disebabkan virus MERS selain yang di atas yakni : mematuhi praktik-praktik pengamanan makanan seperti menghindari daging yang tidak dimasak atau penyediaan makanan dengan kondisi sanitasi yang baik serta membersihkan buah dan sayuran dengan benar selama berada di Arab Saudi.

Diluar itu, Anda juga diingatkan sebisa mungkin untuk menghindari kontak yang tidak butuh dengan hewan-hewan yang diternakkan, hewan peliharaan serta hewan liar di Arab Saudi.

Ciri-ciri penyakit MERS jika mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dibarengi demam lebih dari 2 hari dengan suhu tubuh 38 derajat Celcius. Tetapi umumnya pasien yang terduga terkena MERS sering kali ternyata cuma alami flu biasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »